- Jangan panik menghadapi problem meskipun di depan customer. Ini hal yg paling penting karena dapat membantu kita dalam berpikir jernih.
 - Pedoman utama adalah bekerja dengan safe agar pulang dengan selamat tanpa cidera.
 - Galilah informasi sebaik mungkin, terutama dari operator. Selain engine itu sendiri dalam troubleshoot hal-hal berkaitan juga dapat membantu kita dalam menganalisa problem. Misalnya aplikasi & environment engine itu.
 - Pastiin problem emang terjadi, apalagi diperkuat dengan hasil pengukuran yg lengkap. Sehingga analisa lebih komprehensif.
 - Catat semua parameter engine terutama yg related dengan problem.
 - Kemudian periksa kondisi engine, apakah ada hal-hal yg tidak normal.
 - Identifikasi kemungkinan-kemungkinan yg terjadi.
 - Lakukan test pada hal yg paling dicurigai, catat hasilnya. Jangan berasumsi tapi lakukan dengan data dan sistematis.
 - Persempit root cause-nya dan temukan penyebabnya.
 - Perbaiki penyebab problemnya dan lakukan tes ulang.
 - Analisa mengapa problem tersebut terjadi dan berikan solusi agar problem tersebut tidak terulang kembali.
 
Mudah-mudahan bermanfaat, sharing dan diskusinya saya tunggu.
Terima kasih
Sumber: pengalaman pribadi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar